Lazada Affiliate

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menyetel karburator sepeda motor.

Dasar penyetelan skrup campuran udara di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. 

Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang sekrup campuran udara lebih membuka atau menutup. Jika hal ini tidak dapat terkoreksi dengan beberapa putaran, maka ganti pilot jet nya.

Jika setelan terlalu basah antara bukaan gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.


https://myskywriting.blogspot.com/
Ilustrasi Motor Racing-an 

Hal-hal yang perlu dicermati untuk mendapatkan hasil yang terbaik.


  • Menjalankan mesin dalam kondisi terlalu basah (campuran kaya) akan menjadikan mesin motor kamu tidak berlari pada kemampuan terbaiknya, menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder. 
  • Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, lakukan dari kondisi campuran kaya dan lakukan setelan  lebih rendah secara bertahap untuk menemukan setelan pas.
  • Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
  • Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin terlalu banyak bahan-bakar (campuran kaya). 
  • Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak mengendap di busi.
  • Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin.
  • Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
  • Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin.
  • Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan gas separuh hingga gas penuh (full throttle).
  • Selalu lakukan penggantian satu-demi satu dan secara bertahap dan cermati perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.
  • Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.


Saran

Teliti dan tekun serta mengikuti arahan dengan baik akan memberi anda hasil yang memuaskan. Kunci terbaik yaitu tetap lakukan tahap demi tahap dengan sabar. Dan jangan sekali-kali menganggap remeh hal-hal kecil sekalipun, sebab bisa menjadi sebab kegagalan semua pekerjaan anda.

Simak terus postingan di blog ini untuk mendapatkan informasi berharga buat anda yang akan saya bocorkan kepada anda.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...